TEKNIK POLYA DALAM PENYELESAIAN MASALAH GEOMETRI

Rahma Wahyu, rahma (2021) TEKNIK POLYA DALAM PENYELESAIAN MASALAH GEOMETRI. jJurnal SIGMA kajian ilmu pendidikan matematika, 6 (2). pp. 114-123. ISSN 2684- 7698

[img] Text
Rahma Wahyu SIGMA-Program Studi PGMI.pdf - Published Version

Download (979kB)
[img] Text
Plagiarism Sigma.pdf - Other

Download (470kB)
[img] Image
Peer Review SIGMA I.pdf - Other

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah penyelesaian permasalahan matematika oleh peserta didik dan pemahaman peserta didik mengenai materi geometri pada soal cerita berdasarkan teknik Polya. Penelitian ini dilaksanakan SD Islam Sabilul Khoir Batu pada 6 orang peserta didik di kelas 6. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian menggunakan trianggulasi metode yaitu pengamatan proses penyelesaian masalah, wawancara, dan peninjauan dokumen (hasil kerja peserta didik). Wawancara pada penelitian ini dilakukan kepada beberapa peserta didik, yaitu 2 orang kemampuan tinggi, 2 orang berkemampuan rendah dan 2 orang kemampuan sedang. Analisis dilakukan dengan cara menyimpulkan data-data yang diperoleh berdasarkan hasil pengamatan yang sudah dilakukan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa teknik Polya menunjukkan hasil yang berbeda terhadap hasil penyelesaian permasalahan masing-masing kategori peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita tentang luas persegi dan persegi panjang. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui pemahaman peserta didik mengenai materi geometri pada soal cerita. Kata Kunci: Teknik Polya, Soal Cerita, Geometri

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Islamic Primary Teacher Education
Depositing User: S.IP TAUFIQUL ANSHOR
Date Deposited: 19 Mar 2021 02:56
Last Modified: 19 Mar 2021 02:56
URI: http://repo.uniramalang.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item